Mendapatkan Penghasilan Lewat Google Adsense

Seperti yang telah kita bahas pada postingan fungsi Blog salah satu kegunaan Blog pada Blogger adalah dapat digunakan sebagai media menampilkan iklan dari google adsense.

Bagaimana hal ini bisa terjadi barangkali itu adalah pertanyaan Anda dan banyak orang tentang Google Adsense.
Prinsip secara sederhana kira kira begini , Blog atau Web adalah tempat kita memposting tulisan,Informasi,Sharing Photo,Film,Promosi Produk dan lain sebagainya sehingga jika web atau blog kita ramai maka jumlah trafik pengunjung sudah barang tentu juga banyak .
Artinya dalam hal ini orang atau pengunjung yang jumlahnya banyak tadi akan menjadi sasaran pengiklan untuk paling tidak melihat iklan walau sepintas.

Bila pengunjung tertarik untuk mengunjungi iklan yang terpasang di blog atau web kita yang dalam hal ini diselenggarakan oleh google adsense maka kemungkinan besar pengunjung tadi akan melanjutkan transaksi pembelian produk atau hanya sekedar melihat lihat iklan dalam bentuk situs atau banner .

Karena google sudah menayangkan iklan di blog atau web anda dan kemudian ada pengunjung yang mau meng-klik iklan tersebut maka google akan mendapatkan fee dari pemasang iklan,pendapatan iklan tersebut akan di bagi dengan anda karena anda yang memilki blog dimana pengunjung melakukan klik ke iklan.

Barangkali anda akan dapat memahami hal ini dengan mudah dengan perumpamaan anda adalah pemilik stasiun TV, Google adalah rumah produksi dan sekaligus perantara antara pemasang iklan dengan Anda.

Berikut tampilan iklan google adsense :

Lalu bagaimana blog kita dapat menampilkan iklan google adsense , syaratnya adalah blog harus berbahasa inggris , postingan rata rata lebih dari satu , memiliki alamat email syukur syukur kalau alamatnya adalah Gmail kenapa harus gmail karena gmail adalah kepunyaan google.

Berikut adalah jenis jenis iklan google adsense :
a. Adsense for Content

Menampilkan iklan-iklan dari mereka yang memasang iklan di Google (Google Adwords). Format tampilan dapat bermacam-macam, ada yang berupa gambar, ada pula yang yang hanya teks. Keduanya terbagi-bagi lagi dalam bermacam-macam bentuk antara lain:
- Leaderboard (iklan memanjang horisontal), biasanya dipasang pada atas halaman web.
- Banner (mirip Leaderboard tetapi dengan ukuran lebih kecil)
- Scycrapper dan Wide Skycrapper (memanjang vertikal), biasanya dipasang sebelah kiri (atau kadang kanan) dari halaman web.
- Square, Medium Rectangle, dan Large Rectangle (iklan berbentuk segiempat), biasanya dipasang pada permulaan atau pertengahan artikel.

Anda boleh memasnag maksimum 3 buah Adsense for Content dalam setiap halaman web Anda. Google akan ‘membaca’ tuisan yang terdapat di halaman web dimana Anda memasang iklan Google dan secara otomatis mereka akan menyesuaikan iklan apa yang ditampilkan.
Jadi jika Anda menulis tentang misalnya ‘furniture’, maka Google akan menampilkan iklan-iklan senada. Begitu pula untuk content web yang lain, iklan-iklan Google akan menyesuaikan.
Anda juga bisa mem-filter iklan-iklan tertentu untuk tidak tampil di website Anda, baik iklan-iklan dari pesaing Anda (mereka yang menjual produk/service yang sama dengan Anda) maupun iklan-iklan yang tarifnya murah.

b. Adsense for Search

Menampilakn fasilitas Search Engine Google di website Anda. Anda akan dibayar jika ada yang menggunakan fasilitas Search Engine tersebut. Harap bedakan dengan Google Free Search.
Baik Adsense for Search maupun Google Free Search melakukan pencarian sesuai kata yang kita masukkan. Keduanya pun bisa dipasang di website kita dengan gratis.

Perbedaannya, Anda akan dibayar jika ada pengunjung yang mencari lewat Adsense for Search, sementara bila Anda memasang Google Free Search, Anda tidak akan dibayar meskipun banyak pengunjung Anda yang menggunakannya.

Anda bisa memilih apakah mengadakan pencarian web saja atau juga pencarian situs (domain tertentu). Anda bisa memasukkan sampai 3 URL (nama domain) yang berbeda.
Kelebihan lainnya dari Adsense for Search adalah Anda dapat menyesuaikan halaman hasil pencarian, Anda dapat memasukkan logo serta warna yang diinginkan, terdapat 200 pilihan warna.

c.AdSense for Feeds

Tawaran baru dari Google ini diharapkan akan mendorong pengiklanan di RSS feed yang masih belum begitu efektif saat ini karena banyak pemakai menggunakan RSS hanya untuk mendapatkan berita terbaru dengan cepat dan menghabiskan waktu yang lebih sedikit di satu artikel.
Selain itu, sebagian besar pengguna RSS merupakan pengguna panda teknologi yang lebih jarang membuka iklan. Di sisi positifnya, iklan melalui RSS kemungkinan dilihatnya iklan-iklan ini lebih besar dibandingkan iklan di halaman situs - lebih tepat apabila dipakai sebagai kesempatan bagi perusahaan besar untuk mengukuhkan merk-nya.

No comments:

Followers